TRANSAKSI
Belanja online atau belanja lewat internet makin
diminati di Indonesia.
Berkembangya situs jejaring social atau media social turut meningkatkan prospek
belanja online.
Tahun 2012, jumlah
pengguna internet di Indonesia
mencapai 55juta orang, tumbuh 30,9% dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Indonesia menduduki urutan ke-4 sebagai Negara
dengan pengguna internet terbanyak di Asia.
China di urutan pertama ( 513 juta orang ), selajutnya di India ( 121 juta
orang ) dan Jepang ( 101 juta orang ).
Dari data lembaga
riset International Data Corporation ( IDC ), nilai perdagangan lewat internet
di Indonesia tahun 2011 mencapai 3,4 miliar dollar AS atau sekitar Rp 30
triliun. Hasil survei Master Card Worldwide pada Februari lalu juga menunjukkan
tren peningkatan belanja online sebesar 15% di Indonesia dalam 6 bulan ke depan.
Menigkatnya
transaksi e-commerce di Indonesia
antara lain disebabkan membaiknya pertumbuhan perekonomian, disamping tumbuhnya
kelas menengah. Bank Dunia menyebutkan bahwa 56,5% populasi Indonesia atau
sekitar 134 juta jiwa masuk kategori kelas menengah dengan nilai belanja 2 – 20
dollar AS per hari.
Kelompok kelas
menengah ini berpenghasilan relative tinggi, melek teknologi dan selalu
terhubung dengan internet. Perkembangan teknologi dan alat-alat komunikasi
berimbas pada maraknya dunia perdagangan online.
Pada tahun 2009, di
Indonesia baru 3% pengguna internet yang berbelanja secara online. Namun, kin mencapai 6% dari pengguna internet.Anggka ini
terus bertambah. Menurut survey global terbaru Nielsen Online, lebih dari 85%
populasi online dunia telah
menggunakan internet untuk pembelian. Di Indonesia, setengah dari pembeli online menggunakan facebook (50%), dan
jejaring social kaskus (49,2%) untuk membeli barang , mulai produk fashion, elektronik, buku, hingga
peralatan rumah tangga.
Produk fashion paling diminati dalam belanja online. Hal ini tergambar dari hasil
survei Litbang Kompas pertengahan September lalu. Sebanyak 33,5% responden
pernah berbelanja online. Barang yang
mereka beli adalah produk fashion
atau pakaian , termasuk aksesoris dan sepatu ( 60,80% ).
Sebanyak 53,2%
responden yang berbelanja secara online
adalah mereka yang pengeluarannya lebih dari Rp 2 juta per bulan. Pekerjaan
mereka adalah karyawan swasta (33,9%)dan wiraswasta (19,4%). Di samping itu,
belanja online juga diminati pelajar
dan mahasiswa (19,9%).
Dalam bertransaksi,
70% konsumen belanja online di Indonesia memlih transfer uang sebagai cara
pembayaran. Sisanya dengan kartu kredit. Lebih dari separuh (57,4%) responden
memilih membayar dengan cara transfer. Sebanyak 11,5% memakai kartu kredit dan
13,1% membayar lunas saat barang diantar.
Ke depan , tren
belanja online yang menghilangkan
keterbatasan waktu dan jarak ini akan terus meningkat, menggairahkan konsumsi
yang berperan dalam pertumbuhan ekonomi.
Sumber : Berita Ekonomi
dalam Kompas , 5 Oktober 2012 , hlm 22 .
Analisis :
Menurut
saya, peluang dan prospek bisnis bidang ini di Indonesia masih cukup besar .
Pada dasarnya, ada satu hal substansial yang ditawarkan oleh online shopping,
yakni kemudahan . Orang-orang ingin melaksanakan kegiatan belanja yang mudah
dan efisien. Mereka ingin bebas dari berdesakan, mengantre terlalu lama, dan
pastinya ingin mendapatkan penawaran terbaik. Semua itu ditawarkan oleh dunia
online . Namun, Selain memberikan kemudahan, ada hal-hal yang penting untuk
diperhatikan saat melakukan transaksi melalui media online yaitu :
1. Cari Informasi
Sebelum berbelanja, cari tahu
informasi yang lengkap mengenai penjual dan produk yang ditawarkan lalu lakukan perbandingan
harga,
2. Pilihan
Cara Pembayaran
Pilihlah cara
pembayaran yang dianggap paling nyaman. Carilah tempat belanja yang menawarkan
pembayaran terintegrasi namun memiliki bayak pilihan pembayaran, seperti
internet banking, transfer atau setor tunai .
3. Ada
Jaminan Perlindungan Pembeli
Sebaiknya Anda
melakukan transaksi belanja di situs belanja yang menawarkan suatu fasilitas
jaminan perlindungan pembeli.
4. Jangan
Langsung Memborong
Saat belanja
online, pasti Anda diterpa berbagai penawaran menarik yang rasanya sulit
ditolak. Meskipun begitu, ada baiknya Anda selektif memilih barang. Beli satu
atau dua barang sebagai percobaan.
0 komentar:
Posting Komentar